Wednesday, May 29, 2013

Dasar arduino dan jenis-jenisnya


Di era moden seperti saat ini teknologi begitu berkembang pesat. Manusia semakin di mudahkan dengan adanya teknologi. Perkembangan industry elektronika juga marak akhir-akhir ini. Seperti laptop i-phone, dan lain-lain. Salah satu yang juga trend saat ini adalah arduino.  Arduino adalah sebuah microcontroller berbasis open source yang dapat di aplikasikan sesuai dengan keinginan kita. jenis-jenis papan arduino antara lain : 

    ArduinoUSB
Papan Arduino jenis ini menggunakan port USB sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi komputer. Karena menggunakan port USB sebagai antar mukanya, jenis papan Arduino ini dapat digunakan secara plug and play. Beberapa contoh papan Arduino dengan port USB, ialah: Arduino Uno, Arduino Duemilanove, Arduino Diecimila, Arduino NG Rev. C. dan masih banyak lagi.

    Arduino Serial
Papan Arduino ini menggunakan port serial RS232 sebagai antar muka pemrograman atau komunikasi komputernya. Penggunan papan Arduino jenis ini cukup rumit, sehingga dibutuhkan kecakapan yang cukup memadai dari user.

    Arduino Mega
Papan Arduino jenis ini merupakan jenis papan Arduino dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang telah dilengkapi dengan tambahan pin digital, pin analog, port serial dan peripheral lainnya yang dapat meningkatkan kemampuan papan Arduino jenis ini. Beberapa contoh papan Arduino jenis ini, ialah: Arduino Mega dan Arduino Mega 2560.

    Arduino Fio
Papan Arduino jenis ini merupakan jenis papan Arduino yang khusus dikembangkan untuk keperluan project Nirkabel (Wireless).

    Arduino Lilypad
Papan Arduino Lilypad merupakan jenis papan Arduino yang memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki papan Arduino jenis lain. Papan Arduino Lilypad meiliki bentuk melingkar yang tidak umum dijumpai pada papan-papan Arduino lainnya. Contoh papan Arduino jenis ini, ialah: LilyPad 00, LilyPad 01, LilyPad 02, LilyPad 03, dan LilyPad04.

    Arduino BT
Papan Arduino jenis ini memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki oleh papan Arduino jenis lain. Pada papan Arduino jenis ini telah terpasang modul Bluetooth untuk komunikasi nirkabel (Wireless).

   Arduino Nano

Papan Arduino Nano merupakan jenis papan yang mwmiliki bentuk paling simple dibandingkan dengan papan Arduino jenis lain. Papan Arduino Nano memiliki bentuk compact dengan port USB sebagai antar muka dan media komunikasi dengan komputer. Arduino Nano juga biasa digunakan bersama breadboard. Contohnya ialah sebagai berikut; Arduino Nano 3.0 dan Arduino 2.x.

No comments:

Post a Comment