Saturday, May 18, 2013

Dasar-dasar Quadcopter dan Setup KKBoard 2.0 pada Quadcopter (Mode X)

Berikut ini informasi yang dapat ane sampaikan buat temen2 yang baru akan memulai bermain dengan quadcopter. Sebenarnya bila ditekuni sebagai research, quadcopter asik juga lo… bila kita belajar dinamika terbangnya maka akan banyak ilmu yang kita dapatkan tapi butuh dana dan tentu saja analisis serta matematisnya jago, namun untuk kali ini pembahasan quadcopternya hanya sebatas basic hobby saja. Nah apa saja yang harus temen2 perhatikan dalam bermain quadcopter ini, baca penjelasannya berikut ini yang ane dapatkan dari berbagai sumber.
Basic movement of X-Quadcopter configuration:
basic movement quadcopter
Nah untuk lebih jelasnya silakan merujuk ke link ini:
1. Motor Brushless
Ini merupakan komponen utama, ada beberapa spesifikasi dalam memilih motor brushless untuk quadcopter, berikut paparannya:
  • Motor brushless type outrunner (yang berputar bagian luar) dan ringan.
  • KV motor sekitar 750-1200 KV.
  • Gunakan tegangan kerja 11.1 volt (3 cells), alasanya adalah mudah mencari batery dengan spesifikasi 3 cells, harganya terjangkau dan tidak terlalu berat.
  • Gunakan mounting motor brushless dengan tipe dibawah.
  • Untuk pemula, motor dengan max current < 20 Ampere sepertinya sudah cukup.
motor brushless
Berikut ini salah satu contoh paparan mengenai thrust pada motor brushless. Contoh perhitungannya menggunakan 1100 KV dengan Spesifikasi Thrust: 850gr dan propeler 10×4.7 maka 1 motor menghasilkan 850gr, ambil nilai setengahnya yaitu 425gr, kemudian kalikan 4 menjadi 1700gr. Kesimpulannya jika total massanya adalah 1700gr maka dengan tenaga setengah dari motor, quadcopter sudah dapat terbang.
2. ESC (Electronic Speed Controller)
ESC
ESC memegang peranan penting dalam proses pengendali kecepatan dan arah putar dari motor brushless. Pemilihan ESC tergantung dari besar arus maksimal dari motor brushless, untuk kalangan pemula, pemilihan ESC dapat menggunakan dengan spesifikasi arus maximum 25 Ampere. Dan gunakan ESC yang dapat di program atau dengan kata lain programmable, seperti turnigy plush.
3. Propeller
propellerPemilihan propeller disesuaikan dengan rekomendasi dari spesifikasi motor brushless tersebut. Kesalahan pemilihan berdampak besar terhadap trust yang dihasilkan oleh motor. Perhatikan ukuran propeller dan disesuaikan pula dengan dimensi quadcopter.
4. Kontroler
Ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan sebagai kontroler pada quadcopter, temen2 bisa melihat daftarnya di link ini  http://www.oddcopter.com/flight-controllers/, untuk pemula seperti  ane, KK Board dari Kapten KUK   adalah pilihan yang cukup tepat.
KK board 2.0
Nah untuk KK board, temen2 bisa membelinya di hobbyking untuk version 2.0 dan version 2.1 Atau menggunakan selain dari KK board seperti:
  • dan masih banyak lainnya…
5. Frame
frame
Untuk spesifikasi frame, pilihlah yang ringan dan kuat, anjuran ane beli dahulu saja atau buat sendiri dari bahan alumunium kotak (seperti batang) dengan dimensi 1cm x 1cm. Sedangkan untuk bagian tengahnya (tempat peletakan kontroler) dapat menggunakan akrilik / pcb fiber.
Setup KKBoard 2.0 dari hoobyking (Mode X)
Nah link berikut ini yang ane jadikan sebagai referensi men-setup KK board 2.0 dari hobbyking http://oddcopter.com/2012/07/24/setting-up-my-hobbyking-kk2-0-quadcopter-x/
quadcopter fahmizal

No comments:

Post a Comment